Keunikan Bayan Yang tak lekang waktu

Herman 06 Desember 2015 14:33:42 WIB

 Bayan, daerah yang namanya sangat familiar ditelinga Masyarakat penduduk pulau Lombok, bahkan dengan keunikan dan keragaman budaya yang dimilikinya seringkali Bayan dinobatkan sebagai perwakilan pertunjukan budaya Masyarakat suku Sasak pulau Lombok dalam pentas-pentas Nasional. Secara garis besar Pulau Lombok memang dikenal memiliki budaya yang begitu menarik untuk diketahui dan jumlahnya cukup beragam, selain dengan Budaya yang tidak habis-habisnya menarik untuk diketahui, Pulau yang terletak berdekatan dengan pulau Bali ini juga dikenal menyimpan wisata yang sangat indah.
                Di Lombok, daerah Bayan sering dikenal dengan “Dayan Gunung” oleh penduduk Lombok sebagian besarnya, karena daerah Bayan ini memang terletak di sebelah utara Taman Nasional Gunung Rinjani, dalam bahasa Orang Lombok “dayan” berarti utara. Adat istiadat yang mungkin dikenal paling unik menurut masyarakat Lombok lainnya adalah perayaan Maulid Adat yang dirayakan setiap tahun dengan cara perayaan adat istiadat dari suku Bayan sendiri, dimana Maulid Adat ini dirayakan setiap bulan purnama pada Bulan Maulid menurut kalender Hijriyah. Selain Perayaan Maulid Adat yang terbilang cukup unik masih banyak lagi pula keunikan-keunikan lainnya yang begitu menarik untuk diketahui. Oleh karena itulah, tokoh-tokoh adat setempat berupaya keras sejak dahulu untuk mempertahnkan adat budaya ini dari generasi ke generasi guna untuk mempertahankan dan terus menerapkan budaya yang kini menjadi ikon masyarakat Pulau Lombok, dan hasilnya benar saja, meski modernisasi terus berkembang dan mulai masuk ke arah kalangan masyarakat kecil, tapi budaya dan istiadat Masyarakat Dayan Gunung tetap terlestraikan hingga kini dengan diikuti semangat kaum muda-mudi setempat.
                Keunikan Budaya itulah yang salah satunya membuat Bayan dikenal luas selain dengan wisata yang dimiliki daerah Dayan Gunung. Jadi, jika Anda merupakan salah satu dari sekian Wisatawan yang ingin berwisata sekaligus ingin mengetahui Ragam indonesia dan keunikan yang sebenarnya, Anda harus datang ke Pulau Lombok dan jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi Dayan Gunung, tokoh adat yang sudah tau banyak dengan sejarah budaya Bayan akan dengan senang hati menemani dan bercerita terkait suku adat Dayan Gunung kepada Anda. Semoga Bermanfaat. (Lokaq Makmur/Emank/Herman) - 01 Sumber:kampung-media.com

Komentar atas Keunikan Bayan Yang tak lekang waktu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar