WARGA SAMBIK ELEN TUNTUT BPN LOMBOK UTARA TERBITKAN SERTIFIKAT TANAH YANG DIGARAPNYA SEJAK TH.1990

Herman 01 Februari 2021 04:13:07 WIB

SID Sambik Elen-Perwakilan Warga Dusun Pade Mare Desa Sambik Elen Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara Pagi ini, Senin 01 Februari 2021 mengunjungi Kantor Desa Sambik Elen bersama kurang Lebih 19 Orang untuk menyampaikan perihal Sertifikat Tanah garapannya yang hingga saat ini tak kunjung dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional(BPN) Kabupaten Lombok Utara.

Dalam Orasinya dihalaman Kantor Desa Sambik Elen, Ika Chris Marantika selaku perwakilan Masyarakat yang belum keluar sertifikatnya menyampaikan tuntutannya Kepada BPN Lombok Utara terkait Sertifikat Tanah yang belum dikeluarkan dalam pengajuan Prona Tahun 2016 lalu, padahal berkas yang diajukan dalam penerbitan sertifikat sudah sesuai dengan syarat yang telah diberlakukan.

Ia juga menyambung bahwa Tanah tersebut sudah digarap Masyarakat sejak Tahun 1990, masih dalam kondisi Hutan belantara. Kemudian pada Tahun 2000, Kepala Desa Loloan yakni Desa Induk Desa Sambik Elen sebelum Pemekaran membuatkan Masyarakat setempat Surat Kepemilikan, hingga menjadi Dasar pemberian Sporadik Oleh Kepala Desa Sambik Elen pada Tahun 2009.

“Tanah yang kami ingin sertifikatkan adalah Tanah Garapan Kami sendiri sejak Tahun 1990, yang mana pada saat itu kondisinya masih Hutan Belantara. Di Tahun 2000 Kepala Desa Loloan pada waktu itu membuatkan kami Surat Kepemilikan Nomor:29/PEM.I/10/2009 yang merupakan dasar pemberian Sporadik oleh Pemerintah Desa Sambik Elen pada Tahun 2009 setelah Pemekaran”, Ucapnya dengan Suara lantang.

Kedatangan Warga ini disambut baik Oleh Kepala Desa Sambik Elen didampingi Kapolsek Bayan, Bhabinkamtibmas yang berkesempatan hadir, Perangkat Desa, beserta Badan Keamanan Desa (BKD) Sambik Elen.

Usai menyampaikan Orasinya dihalaman Kantor Desa, Kepala Desa Sambik Elen kemudian mempersilahkan Warga duduk Bersama di Aula Kantor untuk berdiskusi lebih intens. Dalam Sambutannya Kepala Desa Sambik Elen, Bpk. Muhammad Katur menyampaikan Kepada Hadirin bahwa persoalan ini sudah seringkali Ia Upayakan ke Kantor BPN bersama Kepala Dusun Pademare, Namun jawaban yang diberikan oleh pihak BPN adalah pihaknya belum berani menerbitkan sertifikat tersebut karena masih dalam verifikasi terkait adanya salah satu yayasan mengklaim Tanah tersebut.

“Terima kasih saya ucapkan Kepada perwakilan Masyarakat Dusun Pademare yang saat ini hadir dan telah menyampaikan aspirasinya denga tertib dan mematuhi protocol covid-19, kaitannya dengan yang Bapak-Bapak sampaikan sudah seringkali Kami upayakan, bahkan didampingi oleh Kepala Dusun Pademare ke BPN, namun jawaban yang Kami terima adalah Pihaknya masih memverifikasi status Lahan tersebut dikarenakan adanya salah satu yayasan mengklaim lahan tersebut”, sambutnya.

Diketahui sampai saat ini sebanyak 58 Warga yang masih belum menerima sertifikat, padahal beberapa sertifikat Warga yang berada disekitarnya ada yang telah diterbitkan, nah sisa yang 58 inilah yang menjadi tuntutan Warga Dusun Pademare untuk segera diterbitkan juga oleh BPN Lombok Utara.

Dari hasil Diskusi, Kepala Desa Sambik Elen menyimpulkan “Kami akan membuat Surat Pernyataan Kepada BPN Lombok Utara yang menerangkan Bahwa sebanyak 58 Sertifikat Tanah yang dituntut Oleh Warga Dusun Pademare ini adalah statusnya tidak dalam status bermasalah, meskipun terdapat klaim dari salah satu Yayasan, klaim tersebut sampai saat ini tidak didaftarkan ke Pengadilan sehingga hal tersebut tidak berlaku”, pungkasnya.

Kepala Dusun Pademare Bpk. Marwi juga menyampaikan harapannya dalam kesempatan tersebut, semoga setelah adanya Hearing Warganya ini akan memberikan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan, dan apabila setelah Pemerintah Desa menyampaikan Surat yang dimaksud kemudian tidak ada tanggapan, maka Ia meminta untuk memfasilitasi masyarakat untuk dating ke BPN atau Bupati untuk menyampaikan apa yang menjadi tuntutan Warganya hari ini.(H/E)

Komentar atas WARGA SAMBIK ELEN TUNTUT BPN LOMBOK UTARA TERBITKAN SERTIFIKAT TANAH YANG DIGARAPNYA SEJAK TH.1990

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar