KELOMPOK PENYANDANG DISABILITAS SAMBIK ELEN, DARI MULAI MANDIRI, HINGGA KINI MENGHASILKAN PRODUK

Herman 18 Januari 2021 04:11:35 WIB

SID Sambik Elen-Penyandang Disabilitas atau biasa dikenal dengan istilah Difabel adalah merupakan saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan secara fisik dan mental, itu bisa terjadi sejak lahir ataupun karena kejadian-kejadian tertentu yang dialami.

Di Desa Sambik Elen, berawal dari Program PALUMA Nusantara dan dukungan Pemerintah Desa Sambik Elen, telah terbentuk Kelompok Penyandang disabilitas yang beranggotakan hamper 20 Penyandang, melalui adanya kelompok tersebut, diharapkan Saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan dapat lebih diperhatikan dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan Pemerintah Desa.

Kelompok Penyandang Disabilitas yang diberi Nama Kelompok Penyandang Disabilitas (KPD) “Pade Ate” ini terbentuk yang kemudian langsung diikutsertakan oleh PALUMA pada kegiatan-kegiatan kelompok-kelompok yang ada di Desa Sambik Elen, disamping itu secara khusus, PALUMA bersama Pemerintah Desa Sambik Elen mengidentifikasi masing-masing minat anggota Kelompok Tersebut.

Pada pertengahan Desember lalu, KPD “Pade Ate” Desa Sambik Elen kemudian difasilitasi PALUMA untuk mengikuti Pelatihan Kerajinan dari Batok Kelapa, karena dari hasil identifikasi, sebagian besar dari Anggota memiliki kemampuan dan minat didalam kerajinan.

Adanya hasil yang signifikan dari Pelatihan yang diikuti, Pemerintah Desa Sambik Elen memberikan peralatan sesuai dengan kebutuhan tersebut yang harapannya dapat membantu Kelompok ini terus berkembang melalui produk yang dihasilkannya dan bisa membantu meningkatkan ekonomi didalam Keluarga.

Produk yang dihasilkan ANggota Kelompok ini ditampilkan di Aula Bupati Kabupaten Lombok Utara dalam acara Workshop Akhir PALUMA yang dihadiri beberapa OPD Kabupaten Lombok Utara.

Selain bantuan Peralatan kerajinan itu, Kelompok Penyandang Disabilitas Desa Sambik Elen juga telah diberikan Koloni Trigona yang saat ini usaha tersebut juga masih berjalan dengan cukup baik. Selain itu, sejak berdirinya Kelompok, Perwakilan dari Kelompok Penyandang Disabilitas tetap dilibatkan Oleh Pemerintah Desa Sambik Elen dalam kegiatan-kegiatan Pemerintah Desa.(H/E)

Komentar atas KELOMPOK PENYANDANG DISABILITAS SAMBIK ELEN, DARI MULAI MANDIRI, HINGGA KINI MENGHASILKAN PRODUK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar