PEMBERIAN DANA SANTUNAN KEMATIAN BAGI WARGA KLU YANG MENINGGAL AKAN SEGERA DIBERLAKUKAN

Herman 21 Januari 2020 09:24:59 WIB

SID Sambik Elen-Rendahnya angka Kepemilikan Akta Kematian di Kabupaten Lombok Utara menjadi  salah satu alasan kebijakan pemberian santunan Bagi Warga yang meninggal di KLU. Karena Akta Kematian dinilai salah satu dokumen yang penting dan berpengaruh pada sasaran Bantuan Sosial salah satunya, maka Pembkab. Lombok Utara segera menerapkan Santunan berupa Uang Tunai kepada Warga yang meninggal melalui beberapa Proses sebelum Santunan tersebut diterimanya.

Proses atau syarat pencairan santunan ini disampaikan oleh Kasi Kependudukan Pencatatan sipil Bpk. Arif dalam Acara Bimtek Mekanisme Peran BPD, PPKD dan Pokja Adminduk Desa Dalam Implementasi SOP Penyelenggaraan Pelayanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa pada Hari Senin 20 Januari 2020 di Aula Kantor Camat Bayan.

Dalam Acara Tersebut Bpk. Arif menyampaikan bahwa syarat yang harus ditempuh untuk pencairan santunan Kematian itu yaitu dengan mengajukan surat pengantar laporan kematian di Desa ke Dinas Dukcapil, dari Dukcapil langsung akan dibuatkan Akta kematian beserta suket untuk dibawa ke Dinas Sosial. Setelah itu Dinas Sosial akan menerbitkan surat keterangan untuk di diajukan ke Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lombok Utara untuk proses pencairan Santunan secara tunai.

Adapun besaran Santunan yang akan diterima yaitu sejumlah Rp. 1.000.000 yang diberikan secara tunai setelah memenuhi proses-proses tersebut. Kemudian batas maksimal pengajuan permohonan akta kematian yang mendapatkan santunan adalah Warga yang diajukan akta kematian tidak melebihi 60 Hari Pasca kematiannya.

Itulah beberapa Syarat yang harus ditempuh bagi Warga Kabupaten Lombok Utara untuk memiliki akta kematian dan memperoleh dana santunan. Akta kematian juga termasuk dokumen yang sangat penting karena mempengaruhi beberapa aspek penting didalam administrasi Pemerintahan Lokal maupun Pusat. Semoga dengan Kebijakan yang akan mulai diterapkan beberapa Bulan kedepan ini dapat meningkatkan kepedulian Masyarakat dalam mengurus akta Kematian Keluarga dan kerabat, sehingga Pemerintah dapat memiliki data yang akurat dan menerapkan program secara tepat sasaran.

Untuk mengetahui Syarat lengkap dan proses penerbitan dokumen-dokumen kependudukan, Anda dapat membuka menu Adminduk dalam Website ini dan memilih Jenis Adminduk yang anda inginkan. Smeoga Bermanfaat.(H/E)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar