AKTA KEMATIAN SERING DIKESAMPINGKAN, DUKCAPIL KLU RENCANAKAN SANTUNAN BAGI WARGA YANG MENINGGAL

Herman 09 September 2019 09:27:42 WIB

SID Sambik Elen-Akte Kematian merupakan bukti secara hokum bahwa Almarhum telah meninggal. Jika meninggalnya dirumah, maka dengan Surat Keterangan meninggal dari Desa, dan jika yang bersangkutan meniggal di Rumah Sakit maka dengan Surat Keterangan meninggal dari Rumah sakit.

AKta kematian hingga saat ini dinilai masih memiliki progress yang lamban, sering dikesampingkan. Padahal tanpa dengan dikeluarkannya akta kematian, maka Pihak Disdukcapil dan Dinas-Dinas terkait tidak dapat menghapus data yang bersangkutan, selain itu salah satu manfaat dari Akta Kematian yaitu sebagai Persyaratan dalam mendapatkan Warisan, untuk mengurus asuransi, dam penetapan kebijakan lainnya. Dan apabila Almarhum tersebut di akhir Usianya menerima Bantuan-bantuan langsung, maka akan terus berjalan selama Kematiannya belum dilaporkan oleh KEluarga atau Kepala Dusun Setempat.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Utara menyampaikan dalam Rakor bertajuk “Peningkatan Pelaporan AKta Kematian” yang berlangsung di Aula Disdukcapil KLU pada 02 September lalu, bahwa Diperkirakan terdapat 700-800 Jiwa Warga Kabupaten Lombok Utara yang meninggal setiap Tahunnya, namun Keluarga atau Kadus setempat seringkali tidak melaporkan Kematian kepada Desa dan Dinas terkait.

“Diperkirakan ada 700-800 Jiwa Warga KLU yang meninggal Dunia pada setiap tahunnya, namun seringkali tidak dibuatkan Akta Kematian oleh Keluarga atau Kepala Dusun setempat” Imbuhnya.

“Kami merencanakan untuk berkerjasama dengan Pihak-pihak seperti Dinas Sosial untuk memberikan santunan bagi Warga yang mennggal, tetapi dengan catatan harus mengurus akta Kematiannya oleh Keluarga atau kepala Dusun”, sambungya.

Dinas Dukcapil KLU belakangan ini memang terus berupaya memberikan Layanan Administrasi Penduduk secara Praktis bagi Masyarakat, hal ini dibuktikan dengan melakukan Pelayanan keliling ke Desa-Desa di Kabupaten Lombok Utara.(H/E)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar