Optimalkan Fungsi Aplikasi SID, Desa Bayan Melibatkan Semua Lembaga Desa

Herman 06 Juli 2018 09:16:04 WIB

SID Sambik Elen-Aplikasi Sistem Informasi Desa(SID) sudah digunakan oleh 33 Desa di Kabupaten Lombok Utara sejak Tahun 2014 lalu, penggunaannya dimulai dari fungsi offline hingga saat ini Online yang sekaligus menjadi Website resmi masing-masing Desa.

Meski kehadiran aplikasi SID ini sudah lama difungsikan di KLU, namun sampai saat ini masih banyak Desa yang belum memanfaatkan fungsi dari APlikasi SID dengan optimal, sebut saja beberapa Desa yang website Desa-nya tidak pernah terlihat diperbarui dengan berita-berita terkini.

Selain pada mengoptimalkan fungsi dari Aplikasi ini, kurangnya sosialisasi dan perhatian  lembaga Desa terlebih perangkat Desa sendiri pada aplikasi ini belum begitu diterapkan sebagian besar Desa yang terdapat di Kecamatan Bayan khususnya. Tercatat sampai dengan Bulan Juli 2018 ini, hanya Desa BAyan yang secara khusus mengadakan sosialisasi Aplikasi SIstem Informasi Desa kepada seluruh lembaga Desa yang ada dan Lembaga Masyarakatnya.

Acara sosialisasi Aplikasi SID Desa Bayan berlangsung kemarin, Rabu 04 Juli 2018 diikuti oleh lebih dari 25 Peserta yang terdiri dari Unsur Pemerintah Desa, Unsur Masyarakat dan Pemuda, berikut dengan Fasilitator Kabupaten dan Pendamping Lokal Desa(PLD). Dalam Acara tersebut Pemdes Bayan mempercayakan Operator Desa Sambik Elen, Sdr. Herman, PLD Desa Bayan, Bpk. Mustiadi, S. Pdi dan Fasilitator Kabupaten menjadi narasumbernya.

Antusiasme Peserta mulai terlihat sejak narasumber pertama memaparkan apa itu Aplikasi SID, penerapan fungsinya bagaimana dan outputnya, sehingga pada sesi diskusi beberapa Peserta yang hadir mengaku tertarik dan ingin ikut sebagai redactor(Penulis berita di Web Desa) dengan meminta akun kepada Opertaor Desa Bayan, R. Rasmadi.

Sementara itu, Sekdes Desa Bayan Bpk. Hasan Basri, S. Pd dalam sambutannya menyampaikan ketertarikannya terhadap pengembangan fungsi SID didalam Pelaksanaan Pemerintahan Desa Bayan, “Saya sangat tertarik untuk meng-optimalkan fungsi Aplikasi SID di Desa Bayan dalam perencanaan, sebagai media informasi publik dan sebagai aplikasi pengelola data dasar kependudukan seperti yang telah dilakukan beberapa Desa saat ini, untuk itu dari acara sosialisasi pada Hari ini, Kami harapkan kedepannya Aplikasi SID  kemudian akan lebih baik dan ditingkatkan fungsinya”, berikut kutipannya dalam sambutan Acara kemarin. (H/E)

Komentar atas Optimalkan Fungsi Aplikasi SID, Desa Bayan Melibatkan Semua Lembaga Desa

13 Mei 2019 11:10:38 WIB
aphonk 06 Juli 2018 09:54:46 WIB
mantep, smoga kedepannya sid semakin berkembang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar