Administrasi Kependudukan Sebagai Syarat Dasar Bantuan Sosial

Herman 21 November 2017 00:31:37 WIB

Administrasi kependudukan merupakan hak semua Warga Negara untuk memiliki, administrasi yang dimaksud adalah akta kelahiran, Kartu Tanda Kependudukan(KTP), Kartu Keluarga(KK), dan Buku Nikah. Selain itu, administrasi kependudukan juga sebagai syarat utama untuk memperoleh bantuan sosial dan kepengurusan lainnya.

Dalam rangka percepatan pendataan, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara sudah melakukan langkah-langkah strategis sejak awal Tahun 2016 lalu, salah satu strategi yang dilakukan dalam hal ini adalah Dinas Dukcapil KLU yaitu dengan berkunjung ke Desa-desa menjemput Warga yang belum memiliki administrasi kependudukan tersebut.

Langkah tersebut ternyata membuahkan hasil yang signifikan, dimana pada oktober 2016 kepemilikan data Penduduk Kabupaten Lombok Utara di persentasekan sejumlah 98%.

Dalam Acara yang bertemakan Pelatihan “Penguatan Kapasitas Petugas  Pendataan Penduduk” yang diselenggarakan Oleh DisDukcapil KLU bersama Kompak pada Hari Kamis 16 November sampai dengan Hari jum’at 17 Novemebr 2017, Bpk. Sekdis Dukcapil menyampaikan ”Desa-desa bekerjasama dengan para Kader Posyandu yang ada di Dusun-Dusun  untuk melaporkan data anak yang belum memilki Akta kelahiran, hal ini untuk mendorong naiknya persentase jumlah kepemilikan administrasi Penduduk setidaknya menjadi 99%”, imbuhnya.

Pada Hari kedua, Operator Sistem Informasi Desa dan Kasi Pemerintahan se-KLU diarahkan untuk melakukan simulasi proses pelayanan Administrasi Kependudukan, simulasi ini melibatkan 2 Orang Kasi Pemerintahan, 2 Orang Operator SID dalam hal ini Operator Desa Sambik ELen sebagai Pemeran dan 2 Orang yang berperan sebagai Masyarakat. Adegan simulasi berlangsung menarik, semua Peserta diam terfokus pada Pemeran. Dalam simulasi tersebut menunjukkan bagaimana mudahnya kepengurusan Administrasi kependudukan yang proses awal sampai dengan penerbitan administrasi asli Masyarakat hanya datang mengajukan dan mengambil di Kantor Desa saja tanpa harus datang ke Kantor Dukcapil KLU.

Semoga Tahun depan rencana mekanisme yang di simulasikan dalam acara tersebut dapat di sahkan dan diterapkan, sehingga Masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Dukcapil untuk mengurus administrasi Kependudukannya, terlebih Masyarakat Kami di Desa Sambik Elen, membutuhkan waktu, Tenaga dan Biaya yang lumayan tinggi untuk tiba di Dukcapil KLU. (H/E)

Komentar atas Administrasi Kependudukan Sebagai Syarat Dasar Bantuan Sosial

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar