Karang Taruna Desa dan Pemdes Sambik Elen Akan Bersinergi Kembangkan Potensi Desa

Herman 31 Januari 2018 06:53:16 WIB

SID Sambik Elen-Desa Sambik Elen adalah Desa yang memiliki potensi ekonomi yang terbilang cukup tinggi dibanding beberapa Desa di Kabupaten Lombok Utara, di seKtor Pertanian misalnya, Desa Sambik Elen memiliki komoditas unggulan berdasarkan jumlah tanam pada Jambu Mete, Padi dan tanaman lainnya. Memiliki luas perekbunan sekitar 1.672 Ha Desa Sambik Elen bahkan berpotensi dapat mengembangkan jenis komoditi unggulan dalam tanaman-tanaman lain seperti kopi, buah naga dan lain-lain.

Selain potensi pertanian dan perkebunan yang mumpuni, Berdasarkan analisis data penduduk dari aplikasi Sistem Informasi Desa(SID) Desa Sambik Elen memiliki potensi SDM yang cukup tinggi pula, dimana terdapat 714 Jiwa Penduduk yang memiliki usia 17-25 Tahun yang terdiri dari Pria dan Wanita, 126 diantaranya telah lulus SLTP/Sederajat, 60 berijazah SLTA/Sederajat dan beberapa diantaranya sedang menempuh Perguruan Tinggi.

Potensi wisata Desa Sambik Elen juga tidak dapat diragukan lagi, meskipun jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani Desa Sambik Elen belum dapat diresmikan oleh Pemda setempat, Desa Sambik Elen memiliki potensi Wisata yang alami, yaitu Air Terjun Candi Batu yang telah luas dikenal oleh Masyarakat Lombok Utara Khususnya, dan Pada umunya banyak dikenal oleh Masyarakat Lombok. Ada pula situs peninggalan kuno Sumur Majapahit yang terletak di Dusun Batu Santek, dan juga Masjid Kuno Barung Birak yang menjadi tempat perayaan Maulid Adat Barung Birak setiap Tahunnya yang tidak asing laggi baggi Masyarakat Lombok Utara.

Nah potensi-potensi inilah yang dinilai penting untuk terkelola dan dikembangkan dengan baik, sehingga menciptakan peningkatan kesejahteraan bagi Warga Desa Sambik Elen. Dalam hal ini dibutuhkan kreatifitas Pemuda, Pemuda yang terorganisir didalam kelompok Karang Taruna, Pokdarwis dan sebagainya.

Oleh Karena itu, Kemarin, Senin 29 Januari 2018 Pemerintah Desa Sambik Elen melakukan Koordinasi mengenai mekanisme dan menggali informasi potensi Pemuda di masing-masing Dusun melalui Kepala Dusun masing-masing, sehingga mencapai kesimpulan bahwa mengaktifkan Karang Taruna Desa itu penting dan direncanakan dilakukan sosialisasi dan pembentukan pada Hari Kamis, 01 Februari 2018 mendatang dengan mekanisme yang telah disepakati bersama.

Selain Karang Taruna, Desa Sambik Elen melalui Bhabinkamtibmas Bpk. Budi Setiawan juga akan membentuk Badan Keamanan Desa(BKD) yang akan memiliki tugas untuk membantu Bhabinkamtibmas dalam pengamanan dan ketertiban di Masing-masing Dusun di Desa Sambik Elen. Langkah Bhabinkamtibmas ini sangat disambut baik oleh unsure Pemerintah Desa Sambik Elen. (H/E)

Komentar atas Karang Taruna Desa dan Pemdes Sambik Elen Akan Bersinergi Kembangkan Potensi Desa

Herman 31 Januari 2018 18:54:15 WIB
Makasih... Beri kami masukan demi kualitas berita yg baik...
Mifta 31 Januari 2018 09:45:38 WIB
Mantap min... Beritanya bermanfaat dan menarik...
31 Januari 2018 09:40:23 WIB
31 Januari 2018 09:38:19 WIB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar