Pengukuhan Kelompok Tani “Ganda Suli” Bakong, Kelompok Tani Multifungsi

Herman 11 Januari 2018 11:05:05 WIB

Sambik Elen-Kelompok Tani adalah himpunan Masyarakat yang mata pencahariannya terfokus dalam bidang pertanian, Kelompok ini biasanya terbentuk atas keinginan Masyarakat sendiri, atau dapat juga atas rekomendasi Pemerintah Desa setempat. Dengan tergabung didalam Kelompok, Masyarakat dapat dengan mudah mengakses program Pemerintah yang berupa bantuan terkait, ataupun penyuluhan-penyuluhan yang dapat membantu mengembangkan pengetahuan Masyarakat dalam bertani, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan Petani.

Desa Sambik Elen adalah salah satu Desa di Kabupaten Lombok Utara yang mayoritas Penduduknya terdiri dari Petani dan Peternak, sehingga Kelompok swadaya yang paling banyak terbentuk di Desa Sambik Elen yaitu Kelompok Tani. Bagi Masyarakat Desa Sambik Elen khususnya, Kelompok Tani bukan hanya sekedar Kelompok Tani yang didalamnya hanya akan membahas dan bergerak membahas tentang pertanian semata, namun Kelompok Tani yang mereka bentuk sebagai tempat menjaga kearifan local penduduk setempat.

Kelompok Tani “Ganda Suli”, terletak di Dusun Pademare, Bakong menjadi salah satu Kelompok Tani yang patut untuk diteladani, meski Kelompok ini di kukuhkan Kemarin, Selasa 09 Januari 2018, tapi Kelompok ini telah terbentuk dan banyak melakukan kegiatan Positif sejak Thn. 2013 lalu. Sesaat sebelum acara Pengukuhan dimulai, Kami yang mendampingi Sekretaris Desa Sambik Elen Bpk. Harlan, S. Sos, juga turut hadir PPL Desa Sambik Elen Bpk. Sukril Hamdi, Bhabinkamtibmas Bpk. Budi Setiawan dan Bpk. Redi dari World Relief, sempat berbincang dengan saudara Putra Anom, sekretaris Kelompok Tani Ganda Suli, beliau menceritakan kesannya atas apa yang telah dilakukannya bersama dengan anggota Ganda Suli yang mengungkapkan bahwa Ganda Suli lebih dari sekedar Kelompok Tani.

“Ganda Suli lebih dari Kelompok Tani, sejak adanya Kelompok ini Kami merasa begitu dekat, tali silaturahmi antar Warga Bakong khususnya kian membaik, Ganda Suli telah melakukan beberapa Kegiatan Swadaya atas keinginan Kami sendiri, seperti perbaikan jalan akses menuju Rinjani, Kami saling membantu biaya Pengobatan jika ada Warga Bakong yang sakit. Alhamdulillah selain itu Kelompok Tani Ganda Suli telah dapat membeli tanah dengan uang kas sendiri, dan rencananya tanah itu akan dijadikan sebagai tempat bangunan Sekretariat Kami, semoga mimpi Pembangunan Sekretariat Kami segera terwujud dan didengar oleh Pemerintah Desa” Pungkas Putra Anom sambil tersenyum kearah Sekdes desa Sambik Elen.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekdes Sambik Elen mengaku bersyukur atas keberadaan Kelompok-kelompok Masyarakat di desa Sambik Elen yang terus bertambah, hal ini sebagai salah satu wujud keinginan untuk maju dan siap bekerjasama menuju kesejahteraan bersama, ia juga berharap kedepan semoga Ganda Suli menjadi Kelompok yang mandiri. (H/E)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar