Gunakan Aplikasi SID, Pelayanan Surat Di Kantor Desa Sambik Elen Kurang Dari 2 Menit

Herman 01 Agustus 2017 07:36:22 WIB

Sambik Elen-Aplikasi Sistem Informasi Desa(SID) tak habis-habisnya memberikan manfaat dalam proses pelayanan Pemerintah Desa, jika sebelumnya Kami mebahas aplikasi SID dalam fungsinya sebagai pengolahan data dan sebagai website Desa, namun kali ini Kami Pemerintah  Desa Sambik Elen berhasil mengembangkan fungsinya sebagai media pelayanan surat yang sesuai dengan kebutuhan Kami di Desa.

Awal Tahun 2016 lalu, seluruh Operator Desa di Kabupaten Lombok Utara diberikan Pelatihan terkait bagaimana penggunaan aplikasi SID dalam pelayanan Surat di Desa, akan tetapi dalam pertemuan yang di fasilitasi oleh BAPPEDA tersebut, hampir semua Operator SID mengaku kesulitan dalam merubah format surat yang terdapat didalam aplikasi SID dengan format surat yang sesuai dengan kebutuhan surat yang dibutuhkan atau biasa digunakan di Desa masing-masing. Terlebih format surat yang ada di semua Desa berbeda, Surat Keterangan Domisili misalnya, Format surat tersebut berbeda dengan Format surat Ket. Domisili yang digunakan di Desa Sambik Elen dengan Desa Bayan, begitu seterusnya.

Hampir dalam setiap kali pertemuan, baik pertemuan antar seluruh operator desa di KLU maupun pertemuan operator  antar kecamatan, pengguna aplikasi SID slalu ditekankan untuk menerapkan aplikasi SID juga dalam proses pelayanan surat.

Dengan kerja keras dan semangat Operator Desa Sambik Elen, Desa Sambik Elen saat ini telah menerapkan penggunaan Aplikasi SID sebagai media pelayanan surat yang efisiensi waktu dan praktis. Dengan aplikasi SID, Staff pelayanan di Kantor Desa dapat melayani surat dengan kilat, yaitu kurang dari 1,5 menit, sehingga Masyarakat yang membutuhkan surat tidak akan duduk berlama-lama di ruang tunggu pelayanan.

Staff Kaur umum, Bpk. Fikri, S. Sos mengaku sangat dimudahkan dengan penggunaan aplikasi SID ini, begitu juga dengan kesan dari Bpk. Sekretaris Desa Muhamad Harlan, S. Sos, ia mengaku sangat memudahkan staffnya, terlebih dengan aplikasi ini, staff-nya hanya tinggal mengetikkan nama Pemohon surat kemmudian semua identitas lengkap Pemohon langsung terlihat dengan aplikasi “Dengan membuat surat melalui Aplikasi SID semua staff di pelayanan semakin mudah membuat surat, tanpa harus ribet mencari format surat yang bertumpukan didalam local computer, karena dalam aplikasi SID sudah jelas dan tinggal satu kali klik kemudian mengetikkan nama Pemohon akan muncul semua identitasnya. Dengan metode ini juga akan minim kesalahan tanggal dan penomoran surat, karena aplikasi secara otomatis menampilkan tanggal”, imbuh Sekdes muda Kami.

Harapan Kami semoga Kami dapat terus dapat memberikan pelayanan yang baik kepada Masyarakat, Masyarakat Desa Sambik Elen khususnya, selain itu semoga langkah ini dapat menginspirasi Desa-Desa lain di KLU untuk segera menerapkan pelayanan surat dengan Aplikasi SID sehingga manfaat yang Kami rasakan juga dapat dirasakan oleh Desa-desa lain.(H/E)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar