Plank APBDes Desa Sambik Elen Telah Berdiri Kokoh

Herman 06 Juni 2017 11:20:27 WIB

Sambik Elen-Dalam rangka meningkatkan pelayanan Masyarakat dan meningkatkan keterbukaan informasi publik, Pemerintah terus melakukan kebijakan-kebijakan terkait hal ini, terlebih keberadaan Sistem Informasi Desa(SID) di Kabupaten Lombok Utara sebagai media Informasi Pemerintah Desa ke Masyarakat. Seperti diketahui, selain berupa aplikasi pengelola data dasar kependudukan, aplikasi ini juga langsung berupa website seperti yang telah diterapkan oleh seluruh Desa di Kabupaten Lombok Utara.

 

Besarnya anggaran yang diperoleh Desa, semakin mewajibkan Desa untuk menerapkan Keterbukaan informasi terutama kaitannya dengan penggunaan anggaran tersebut, bahkan jika penggunaan anggaran tidak dipublikasikan dan terlayani, maka Pihak Desa dapat dipidanakan.  Sosialisasi terkait kewajiban Pemerintah Desa menerapkan keterbukaan informasi publik terus dilaksanakn oleh Pemerintah Daerah untuk menekankan keterbukaan informasi publik oleh Pemerintah Desa.

 

Selain melalui website Sistem Informasi Desa, keterbukaan informasi penggunaan anggaran desa juga wajib dilakukan di kantor desa melalui plank informasi, hal ini berkorelasi kepada adanya program DBiP yang mewajibkan Desa menganggarkan plank informasi, nah melalui plank itulah penggunaan anggaran desa di informasikan di kantor desa selain melalui website.

 

Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara, sebagai Desa Pintu masuk Kabupaten Lombok Utara dari arah Kab. Lombok Timur telah menerapkan perihal tentang keterbukaan informasi publik sesuai dengan perihal diatas. Plank DBiP yang berdiameter 3X4 telah berdiri kokoh dihalaman Kantor Desa Sambik Elen menghadap Jalan Raya, di  plank ini terdapat informasi lengkap terkait dengan Anggaran Belanja dan Pendapatan Desa(APBDes).

 

Kedepan, Pemerintah Desa Sambik Elen juga tentu akan kembali memasang plank-plank sejenisnya di tiap kegiatan pembangunan Dusun pada saat pembangunan fisik telah dimulai. Semoga langkah ini terus disambut baik oleh Masyarakat, khususnya Masyarakat Desa Sambik Elen.(H/E)

*Anda dapat mengunduh Rincian APBDes Desa Sambik Elen dengan Meng-klik Disini

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar