Manfaat Dan Kemudahan Aplikasi SisKeuDes(Sistem Keuangan Desa)

Herman 16 Januari 2017 09:45:56 WIB

Sambik Elen-Dengan disahkannya  UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan  pembangunan  untuk  meningkatkan kesejahteraan dan kualitas  hidup masyarakat desa. Selain itu pemerintah desa diharapkan untuk lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam yang dimiliki, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa. Begitu besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh karena itu pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 Rabu, 21 Desember 2016 bertempat di aula BPM, PPKB Kabupaten Lombok Utara telah mulai berlangsung pelatihan tekhnis Aplikasi SisKeuDes(Sistem Keuangan Desa) untuk perangkat Desa, umumnya semua desa mengutus Operator SID dan Kaur keuangan untuk mengikuti acara ini. Aplikasi SisKeuDes(Sistem Keuangan Desa) dinilai sangat membantu Pemerintah Desa dalam menyusun kegiatan-kegiatan di desa dalam hal pembangunan dan kegiatan pemberdayaan Masyarakat yang kemudian output dari aplikasi ini berupa laporan kegiatan-kegiatan tersebut.

 Aplikasi tata kelola keuangan desa ini pada awalnya dikembangkan Perwakilan BPKP Sulawesi Barat sebagai proyek percontohan di lingkungan BPKP pada  bulan Mei  2015. Aplikasi  ini  telah diimplementasikan secara  perdana  di Pemerintah Kabupaten Mamasa pada bulan Juni 2015. Keberhasilan atas pengembangan aplikasi ini selanjutkan diserahkan kepada Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaran Keuangan Daerah setelah melewati tahapan Quality Assurance (QA) oleh Tim yang telah ditunjuk . Terhitung mulai tanggal 13 Juli 2015 aplikasi keuangan desa ini telah diambil alih penanganannya ol eh Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP di Jakarta.

 Aplikasi keuangan desa ini menggunakan database Microsoft Acces sehingga lebih portable dan mudah diterapkan oleh pengguna aplikasi yang awam sekalipun. Secara teknis transaksi keuangan desa termasuk dalam kelompok skala kecil, sehingga   lebih   tepat   ditangani   secara   mudah   dengan   database   acces   ini. (H/E)

Komentar atas Manfaat Dan Kemudahan Aplikasi SisKeuDes(Sistem Keuangan Desa)

Arman 16 Januari 2017 10:39:54 WIB
Mantap Min, sangat edukatif dan membangun..

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar