Bimbingan Tekhnis PPID dan Upaya Keterbukaan Informasi Publik PemDes Sambik Elen

Herman 08 Desember 2016 06:31:10 WIB

Desa Sambik Elen-Dalam rangka meningkatkan pelayanan Masyarakat dan meningkatkan keterbukaan informasi publik, Pemerintah terus melakukan kebijakan-kebijakan terkait hal ini, keberadaan PPID(Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan Sistem Informasi Desa(SID) di Kabupaten Lombok Utara menjadi salah satu bukti dari upaya Pemerintah KLU menekan keterbukaan informasi publik mulai dari Pemerintah Desa. Adanya Aplikasi Sistem Informasi Desa(SID) yang diterapkan secara serentak untuk Desa sejak awal Th. 2015 lalu dinilai memberikan manfaat yang luas untuk Masyarakat Desa, dan saat ini ditambah lagi dengan adanya PPID yang mana PPID ini juga kabarnya juga berbasis system aplikasi yang juga akan di kelola oleh Operator/Admin SID dibawah koordinasi dengan Kepala Desa, Sekretaris Desa dan perangkat Desa lainnya.

 Sesuai dengan surat edaran DISHUBKOMINFO KLU Nomor 005/ 489/ Dishub/ 2016 tertanggal 06 Desember 2016 ke seluruh Kepala Desa di KLU, dijadwalkan pada Hari ini Kamis, 08 Desember 2016 Operator SID kembali akan melakukan Bimtek(bimbingan tekhnis) di Aula Dishubkominfo, namun kali ini bimtek yang akan dilangsungkan adalah mengenai Aplikasi Sistem Informasi Publik(SIP) yang merupakan bagian dari PPID. Jadwal Bimtek ini berlangsung selama 2 Hari, Hari ini (kamis) untuk Kecamatan Bayan dan Kayangan, Jum’at dijadwalkan untuk Kecamatan Gondang, Tanjung, dan Kecamatan Pemenang).

 Sementara ditempat lain Pemerintah Desa Sambik elen saat ini telah memasang papan informasi di setiap titik-titik pembangunan infrastruktur jalan dan lainnya. Pada Hari selasa, 06 Desember 2016 kami Pemerintah Desa Sambik Elen yang terdiri dari Kaur Pembangunan, Kaur Kesra beserta operator sistem informasi desa melakukan ekspedisi pemasangan plank informasi pembangunan proyek infrastruktur jalan berupa drainase, rabat jalan, dan talud, dimana lokasi plank yang telah terpasang yaitu di Dusun Lenggem Sari, Batu Santek, Pademare, dan Bakong Dusun Pademare.

 Papan informasi serupa memang belum terpasang secara keseluruhan pada semua titik lokasi pembangunan, namun Kami merencanakan akan kembali melakukan ekspedisi pemasangan plank informasi tersebut kembali pada siang ini pada lokasi pembangunan yang masih terdapat di tempat atau Dusun lain, yaitu Dusun Lenggorong dan Barung Birak.

 Didalam papan informasi yang kami sebarkan dilokasi pembangunan-pembangunan tersebut memuat nama/jenis pembangunan, lokasi, biaya dan sumber dana yang digunakan. Langkah ini diharapkan mampu memberikan informasi secara langsung kepada Masyarakat dan peran Masyarakat juga Kami butuhkan untuk memantau proses pengerjaannya.

 Semoga langkah ini dapat memberikan manfaat yang baik dan diterima baik oleh Masyarakat, juga untuk mendukung upaya Pemerintah daerah dalam penerapan keterbukaan Informasi Publik, khususnya untuk Masyarakat Desa Sambik Elen sehingga upaya-upaya untuk membangun Desa Sambik Elen menjadi Desa yang terus maju berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita semua. H/E

Komentar atas Bimbingan Tekhnis PPID dan Upaya Keterbukaan Informasi Publik PemDes Sambik Elen

Tunas Maju 10 Desember 2016 08:27:26 WIB
Mantap... Desa Sambik Elen desa yg berumur jagung tp dewasa n berpengalaman dlm hal pemberintahn desa..mengalahkan desa indukx...
Arya 10 Desember 2016 08:26:48 WIB
Klo bs jngn di paku di pohon mas bro, tks
Yuni Kurniati 10 Desember 2016 08:26:15 WIB
Desa sambik elen mmg top bgt
Musti Adi 10 Desember 2016 08:25:37 WIB
Sukses..desa sambik elen kreatif...tolong mujat foto aktifiatsa desanya supaya yg lain ikut...untuk fastabiqul khairot..

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi SAMBIK ELEN

tampilkan dalam peta lebih besar